Statement CLRSCR, TextColor() & TextBackGround()

Statement CLRSCR, TextColor() & TextBackGround()

Oke, Jika anda sudah paham mengenai tipe Data, then lets talk about STATEMENT at PASCAL :

1. Statement CLRSCR
2. Statement TextColor(#) & Statement TextBackGround(#) ;


Perintah di Pascal biasanya di letakkan pada bagian PERNYATAAN, yaitu
BEGIN –> Awal Program Utama
xxxxxx ; –> perintah yang biasanya di akhiri dengan simbol ;
xxxxxx ;
xxxxxx ;
xxxxxx ;
END. –> Akhir dari Program UTAMA END di akhiri dengan simbol . (TITIK)


1. Statement CLRSCR, merupakan perintah untuk menghapus layar, yang biasanya di letakkan pada awal PROGRAM (seteleh BEGIN Utama)
CLRSCR merupakan kependekan dari CLEAR SCREEN.
perhatikan perintah berikut :

BEGIN
CLRSCR ;
WRITE (‘STMIK’) ;
END.
atau
BEGIN
WRITE(‘STMIK’);
CLRSCR ;
END.

Perintah di atas sekilas mirip, tapi akan menghasilkan output yang berbeda. Karna program pertama Hapus dahulu layar, baru tuliskan STMIK
sedangkan yang kedua, tuliskan dulu STMIK baru hapus Layar

Tapi jika di jalankan maka program kedua tulisan di layar tidak akan ada karna sudah di hapus dengan perintah CLRSCR ; sedangkan program yang pertama masih ada tulisan di layar yaitu STMIK, itu karna lebih dahulu menghapus dibandingkan menulis.

Jika belum paham, bayangkan saja orang mengecat DINDING, setelah itu di TULISI dan dibandingkan dengan DINDINGnya di TULISI baru kemudian di cat.

2. Statement TextColor(#) & Statement TextBackGround(#) ;
Perintah di atas ini berguna untuk melakukan pewarnaan kepada LAYAR. biasanya perintah ini di tuliskan terlebih dahulu sebelum digunakan CLRSCR ;
TextColor –> membuat Warna Tulisannya
TextBackGround –> membuat warna Belakang Tulisan atau Warna Layarnya
nah yang di dalam (#) itulah warna yang harus kita pilih(jumlah warna ada 15 warna untuk yang depan sedangkan untuk yang belakang ada sekitar 7 warna).
mis :

BEGIN
TextColor(4) ; TextBackGround(15) ;
CLRSCR ;
WRITE (‘STMIK’) ;
xxxx
xxxx
xxxx
END.

Jadi nanti di layar akan muncul tulisan STMIK berwarna MERAH sedangkan layar monitor berwarna PUTIH
Nah Untuk Warna Background :
0 : Warna HITAM
1 : Warna BIRU
2 : Warna HIJAU
3 : Warna Cyan (seperti warna default Windows 95)
4 : Warna MERAH
5 : Warna MAGENTA
6 : Warna COKLAT
7 : Warna PUTIH
sedangkan warna untuk TULISAN yang sama dari 0 sampai 15 tinggal di lanjutkan lagi ke no 8, 9, 10, 11, …15. untuk warna yang dihasilkan sih sama aja dari warna 0..7 tapi LEBIH TERANG misalnya :
8 : Warna Hitam TERANG
9 : Warna Biru TERANG
begitu sampai warna 15.

Khusus untuk warna yang berkedip tinggal di letakkan nilai +128

BEGIN
TextColor(4+128) ; TextBackGround(15) ;
CLRSCR ;
WRITE (‘STMIK’) ;
xxxx
xxxx
xxxx
END.

Jadilah program diatas warna STMIK nya berkedip.
Perhatikan untuk warna berkedip kadang ada VGA/Windows yang mendukung kadang tidak nampak berkedipnya.

NAH mungkin anda bingung kok program diatas nggak PERNAH NAMPAK HASIL OUTPUTNYA yach…heheheheheheh gunakan Alt+F5 untuk melihat tampilan terakhir setelah di Ctrl+F9. BISA khan….

(Mohon maaf kalau ada kekurangan pemahaman)


Sumber : Mesran.Net
Back to top