#GugurGunung untuk #Sinabung, Konser Amal untuk Bencana Gunung Sinabung

image 
Berangkat dari semangat gotong royong dan keprihatinan terhadap bencana erupsi yang melanda Gunung Sinabung, tiga manajemen grup musik kebanggaan Yogyakarta: Jogja Hip Hop Foundation (JHF), Endank Soekamti, dan Shaggydog, menginisiasi sebuah konser amal dengan tajuk #GugurGunung untuk #Sinabung, yang hendak diadakan pada 23 Januari 2014, bertempat di Jogja Nasional Museum.

Dijadwalkan untuk digelar dari pukul 7 hingga 11 malam, dua band dengan basis massa yang tak kalah besar di Jogja, Captain Jack dan FSTVLST, tak ingin ketinggalan untuk turut bergabung dalam konser amal ini.

Gagasan pergelaran ini terwakili dari nama Gugur Gunung, diambil dari istilah Jawa yang berarti guyub-rukun dan bahu-membahu untuk bergotong-royong menyelesaikan persoalan bersama.

“Istilah ini pernah kami gagas menjadi sebuah tema gerakan sosial para musisi di Yogyakarta untuk membantu korban bencana erupsi Merapi akhir tahun 2010, dengan bentuk konser amal. Hingga kemudian hashtag #GugurGunung terukir dalam satu set gamelan yang kami sumbangkan untuk menggantikan gamelan yang hancur diterjang erupsi Merapi di Kinahrejo,” papar Marzuki Mohamad, atau yang lebih dikenal dengan Kill the DJ, selaku juru bicara #GugurGunung dalam rilis pers yang diterima Rolling Stone.

Namun ternyata #GugurGunung tak hanya berakhir sebatas realisasi kepedulian sosial yang bersifat lokal semata. #GugurGunung kali ini akan melampaui batas pulau hingga mencapai gejolak Gunung Sinabung, Karo, Sumatra Utara, yang sejak September 2013, terus menimbulkan kerugian fisik, jasmani, dan rohani di masyarakat sekitarnya. Tercatat, hingga pertengahan Januari 2014 sudah 26.000 warga harus mengungsi dengan bantuan minim.

Pengumpulan dana dilaksanakan lewat hasil penjualan tiket dengan harga minimal Rp.20.000, yang sepenuhnya akan disumbangkan untuk korban bencana tersebut. Selain itu, #GugurGunung juga membuka donasi terbuka bagi masyarakat luas yang hendak menitipkan donasi via rekening BCA 037 321 3290 a/n Aulia Anindita dan rekening MANDIRI 200-00-1421586-8 a/n Moh Marjuki.

Selain itu, konser amal #GugurGunung untuk #Sinabung ini juga meniadakan suntikan dana dari sponsor dan biaya produksi, sehingga total mengandalkan sistem kolektif. Segala pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pun tidak mendapat bayaran, termasuk para musisi yang tampil, serta berbagai divisi yang mendukung acara ini, mulai dari panitia acara hingga divisi tata suara, panggung, dan sebagainya.

Menyimak misi yang dicanangkan, acara ini juga diharapkan menjadi sarana pemantapan kepekaan sosial bagi para pelaku dan penikmat musik Yogyakarta, “Fans bukan hanya angka atau jumlah, penting untuk mengedukasi fans dan bersama-sama dengan mereka untuk melakukan sebuah gerakan sosial dan memilih untuk turun tangan dengan mengambil peran dari pada hanya sekadar terus menghujat,” seperti yang diungkapkan Kill The DJ dalam rilis pers terkait.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan kata kata yang sopan.
Terima kasih sudah mengunjungi blog ini :)

Back to top